Buka Lomba Pioneering Saka Wira Kartika, Ini Kata Dandim 0714/Salatiga



SALATIGA – Pioneering merupakan satu kemampuan mendasar dan penting yang harus dimiliki oleh setiap anggota Pramuka. Pioneering melatih setiap anggota Pramuka menjadi orang yang tekun, ulet dan sabar dalam membuat pioneering tersebut. Demi tujuan tersebut Gugus Depan Gerakan Pramuka Saka Wirakartika mengadakan Lomba Pioneering bagi siswa SMP/MTs/SMA/SMK/MA se Kota Salalatiga dan sekitarnya pada hari Minggu (08/09) di halaman Kodim 0714 Salatiga.

Lomba Pioneering edisi tahun ini mempertandingkan pembuatan Gubuk (rumah kecil yang biasa digunakan beristirahat di sawah atau ladang pedesaan) dengan bahan dasar tongkat Pramuka dan tali pramuka yang disusun sedemikian rupa sehingga bias berfungsi untuk berteduh atau beristirahat dalam perkemahan, , hal ini selain menuntut kemampuan dasar pioneering itu seniri juga menuntut kreatifitas dan penghitungan yang matang untuk bisa menghasilkan Gubuk yang kuat, dan mampu berfungsi sebaik mungkin sebagai tempat istirahat..

Dalam lomba yang diikuti oleh sekitar 300 siswa yang berasal dari 43 sekolah SMP/MTs/SMA/SMK/MA se Kota Salatiga an sekitarnya ini dibuka langsung oleh Komandan Kodim 0714/Salatiga, Letnan Kolonel Inf Prayoga Erawan berlangsung meriah dan dalam suasana keakraban diantara peserta.
Dalam amanatnya Dandim menyampaikan Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk ikut mengembangkan kemampuan dibidang Pramuka yang telah dilatihkan dipangkalan masing-masing untuk bisa menjadi ajang intropeksi diri sampai sejauh mana kemamapuan yang telah dikuasai, dan sebagai pemacu semangat berlatih yang lebih baik lagi. Latihan yang dilakukan akan sangat berguna sebagai bekal dalam kehidupan sehari-hari kelak.
"Lomba Pioneering yang merupakan agenda tahunan dengan memperebutkan Piala Dandim 0714/Slg ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Saka Wirakartika Pangkalan Kodim 0714 Salatiga, merupakan agenda rutin tahunan yang pada kesempatan kali ini adalah edisi lomba yang ke-4". Kata Ibrahim Anton S selaku ketua panitia kegiatan.

Sedangkan pemenang lomba Pioneering ini aalah sebagai berikut: Kategori SMP/Mts Putra :1. Mts N Salatiga, 2. SMP N 9 Salatiga, 3. SMP N 9 Salatiga, harapan 1. Mts N Salatiga, harapan 2. SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga, harapan 3. SMP Islam Al Azhar Salatiga. Kategori SMP/MTs Putri 1. SMP N 9 Salatiga, 2 MTs N Salatiga, 3. SMP Negeri 9 Salatiga, harapan 1. SMP Pangudi Luhur Salatiga, harapan 2. SMPN 3 Ambarawa, Harapan 3. SMPN 1 Salatiga. Kategori SMA/SMK/MA Putra :1. MAN Salatiga, 2. MAN Salatiga, 3. SMA N 1 Salatiga, harapan 1. SMK N 2 Salatiga, harapan 2. SMK Saraswati Salatiga, harapan 3. SMK PGRI 3  Salatiga. Kategori SMA/SMK/MA Putri 1. MAN Salatiga, 2 MAN Salatiga, 3. SMA N 1 Tengaran, harapan 1. SMA N 2 Salatiga, harapan 2. SMA N 3 Salatiga, Harapan 3. SMA N 3 Salatiga. Penyerahan Piala Dandim 0714 dan uang pembinaan dilakukan oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0714/Salatiga Kapten Inf Untung Harjanto didampingi M. Turis Niagawan, SH selaku Pamong Saka Wirakartika di halaman Kodim 0714 Salatiga. Juara Umum SMP/MTs adalah MTs N Salatiga, sedangkan untuk SMA/SMK/MA adalah MAN Salatiga.

0 Response to "Buka Lomba Pioneering Saka Wira Kartika, Ini Kata Dandim 0714/Salatiga"

Post a Comment