Antusiasme warga bersama TNI-POLRI, ahirnya tanggul sungai Gono selesai diperbaiki




KAAPNEWS.COM-Prajurit TNI dari Koramil 19/Gabus bersinergi bersama Polsek Gabus dan masyarakat desa Soko kecamatan Gabus berjibaku dengan lumpur memperbaiki tanggul sungai Gono yang mengalami jebol di empat titik.

Kegiatan gotong-royong  yang dilakukan oleh TNI-Polri serta masyarakat desa Soko ini dimulai pagi tadi senin (14/12) sekitar pukul 07.00 wib telah berhasil memperbaiki empat titik tanggul sungai Gono yang berada di desa Soko kecamatan Gabus Kabupaten Pati yang mengalami kerusakan (jebol) karena hujan deras hari kamis (10/12) lima hari yang lalu.

Kerusakan di empat titik dengan kelebaran bervariasi yakni dua titik mengalami kerusakan selebar 2 meter dan dua titik jebol selebar 5 meter sehingga menggenangi 25 ha persawahan dan merusak tanaman padi yang masih berusia sekitar tiga minggu yang berada disekitar aliran sungai tersebut.

"Allhamdulillah berkat kerjasama Koramil 19/Gabus bersama Polsek Gabus dan warga masyarakat desa Soko yang dipimpin langsung oleh Kades Bu Munsri, S.Pd  bersama perangkat desa, tanggul yang mengalami kerusakan di empat titik hari ini selesai kita perbaiki,"Ujar Mbah Urip panggilan akrab Kapten Urip Widodo Danramil Gabus saat dikonfirmasi. Senin,(14/12/2020).

Dengan alat seadanya ahirnya sekitar pukul 10.30 wib keempat titik tanggul yang jebol tersebut dapat dirampungkan karena antusiasme masyarakat desa Soko yang ikut dalam perbaikan tanggul.

Walaupun terlihat dengan konstruksi sederhana dan hanya mengandalkan patok bambu yang dipasang sebagai penyangga dengan diperkuat anyaman bambu yang berfungsi sebagai penahan bahan timbunan dari tanah yang dimasukkan kedalam karung, namun terbukti cukup ampuh untuk menambal lubang yang tergerus oleh aliran sungai.

"Cukup menguras tenaga karena dengan alat seadanya kita bekerja  dengan mengisi tanah kedalam karung serta memasang bambu sebagai penahan, tapi karena masyarakat yang ikut bergotong-royong banyak jadinya cepat selesai,"Terang Danramil.(Kn.Snpt/Pendim).

0 Response to "Antusiasme warga bersama TNI-POLRI, ahirnya tanggul sungai Gono selesai diperbaiki"

Post a Comment