Kodim Pati Melaksanakan Upacara Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022


Dalam rangka memperingati hari Kebangkitan nasional, Kodim 0718/Pati melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih yang digelar dihalaman Makodim Pati.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara pagi tadi adalah Kapten Inf Djubaedi Danramil 06/Margoyoso dengan peserta upacara angota TNI serta PNS TNI AD  jajaran Kodim 0718/Pati.Jumat,(20/05/2022).

Dalam amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G. Plate yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114 Pada tahun ini, "Ayo Bangkit Bersama" menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar bisa bangkit bersama dari pandemi     Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional. 

Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan         dari  Belanda   yang  ingin kembali berkuasa. Sehingga,   semangat persatuan yang digagas oleh          Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa. 

Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger", dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan. Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis digital dan transisi energi berkelanjutan. 


Tema dan isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini, yakni di tengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19, tidak pernah meluruhkan cita kita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat. Indonesia terus mendorong negara-negara anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari kerja sama ini.(KN.Snpt)

0 Response to "Kodim Pati Melaksanakan Upacara Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022"

Post a Comment