Ini 6 Langkah Mengatur Uang THR Agar Tidak Cepat Habis

Sumber gambar: https://id.pinterest.com/pin/779826491707271296/

Tunjangan Hari Raya menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh para pekerja menjelang hari raya tiba, misalnya saja seperti lebaran. Perhitungan thr menurut uu cipta kerja yakni thr diberikan kepada seluruh pekerja dengan minimal masa kerja satu bulan, sehingga tidak perlu khawatir Anda wajib menerima thr jika sudah memenuhi syarat tersebut. Pasalnya, uang thr lebaran kerap kali menjadi salah satu pemasukan yang diandalkan untuk menutup berbagai kebutuhan menjelang lebaran.

Saat mendapat uang thr kerap kali tergoda dengan berbagai macam diskon, membeli berbagai barang yang sifatnya tidak terlalu penting. Hal tersebut merupakan hal yang harus Anda hindari. Jangan mudah tergoda oleh keinginan tanpa memikirkan jangka panjang. Alangkah baiknya menggunakan uang thr untuk melakukan pembelian yang mendukung pekerjaan ataupun kebutuhan yang mendesak.

Uang THR Masih Utuh Enaknya Buat Apa?

Sesuai dengan makna di bulan puasa bahwa kita harus mampu melawan hawa nafsu. Ini dapat diterapkan juga untuk menghentikan keinginan Anda berfoya-foya dengan uang thr lebaran.

Alangkah baiknya menyisihkan uang thr lebaran untuk pengeluaran yang sifatnya penting ataupun melakukan pembelian barang yang dapat digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Nah, berikut ini 6 tips mengatur uang THR agar tidak cepat habis.

1. Menyisihkan untuk Zakat dan Sedekah

Menjelang hari raya lebaran ada baiknya menyisihkan uang THR untuk menunaikan zakat dan menyisihkan sedekah. Setidaknya Anda harus menyisihkan 2,5 hingga 10 persen uang thr lebaran untuk zakat dan sedekah. Ini bukan hanya untuk menuntaskan kewajiban Anda sebagai umat muslim.

Akan tetapi, juga sebagai bentuk rasa  syukur atas pendapatan yang telah Anda terima. Terlebih, saat ini banyak orang kesusahan karena hilang pekerjaan imbas terkena dampak Covid-19. Jadi, zakat dan sedekah dari Anda dapat menolong sesama yang membutuhkan.

2. Membayar Hutang

Peraturan THR 2022 hingga saat ini belum dirilis, namun jika mengacu pada Peraturan Pemerintah Tentang Pengupahan Nomor 36 Tahun 2021, thr diberikan kepada pekerja selambat-lambatnya 7 hari sebelum hari raya. Nah, oleh karenanya Anda dapat memanfaatkan uang thr tersebut untuk membayar hutang.

Alangkah baiknya untuk tidak menunda membayar hutang yang Anda miliki, baik ke kerabat maupun teman dekat. Jangan sampai malu ketika bersilaturahmi saat hari raya tiba. Selain dapat mengurangi beban Anda, hutang yang segera dibayarkan juga dapat memberikan kenyamanan hidup.

3. Menyisihkan untuk Dana Darurat

Menyisihkan uang thr untuk dana darurat merupakan langkah yang tepat. Menjelang hari raya pastinya akan banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Belum lagi jika terdapat kebutuhan yang tidak terduga. Jika memiliki dana darurat Anda tidak akan dibuat kebingungan akan hal itu. Sebagian besar orang selalu menyisihkan dana darurat dari pendapatan setiap bulan misalnya saja 5 persen dari pendapatan yang diperoleh.

Menurut aturan sejumlah perencanaan keuangan, dana darurat setidaknya harus mencukupi kebutuhan 3 bulan mendatang. Jika Anda masih lajang dan memiliki pendapatan per bulan 5 juta maka harus mengumpulkan uang sejumlah 15 juta selama untuk kebutuhan 3 bulan mendatang. Apabila sudah berkeluarga, maka harus mengumpulkan 60 juta untuk kebutuhan 3 bulan mendatang.

4. Menjadikan Modal Bisnis

Daripada menghambur-hamburkan uang thr lebaran untuk menuruti keinginan yang tiada habisnya, alangkah tepatnya menggunakannya untuk modal bisnis. Uang yang digunakan untuk modal bisnis tidak akan cepat habis, justru dapat berlipat ganda. Momen hari raya pada masa pandemi dapat dijadikan peluang bisnis yang menggiurkan.

Pasalnya, pemerintah melakukan larangan untuk mudik. Anda dapat membuat bisnis seperti layanan pembuatan parcel lebaran, paket kue kering, hingga hampers menarik khas lebaran. Nah, hal tersebut merupakan momentum yang pas. Orang yang tidak bisa mudik, bisa saja berpeluang untuk mengirimkan hampers khas lebaran sebagai hadiah menarik menyambut hari raya.

5. Menyisihkan THR untuk Investasi

Agar uang thr lebaran tidak cepat habis, tidak ada salahnya untuk menyisihkan uang tersebut untuk berinvestasi. Pasalnya, dengan melakukan investasi Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, ada baiknya untuk menggunakan uang dingin saat berinvestasi. Uang dingin yang dimaksud yakni uang diluar kebutuhan pokok sehingga apabila uang ini digunakan tidak akan berpengaruh terhadap kebutuhan pokok.

Pilihlah investasi yang aman dan memiliki kredibilitas yang baik, seperti telah tercatat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Mulailah dengan nominal yang sedikit terlebih dahulu, ini berguna untuk melihat apakah investasi tersebut menguntungkan atau tidak. Jadi, jika merugi tidak akan terlalu banyak.

6. Membeli Barang Untuk Menunjang Pekerjaan

Pekerjaan yang lancar salah satunya didukung oleh peralatan yang menunjang pula. Jangan sampai banyak pekerjaan terhambat karena tidak ada peralatan yang menunjang. Bisa jadi pekerjaan menjadi berantakan dan fatalnya Anda bisa saja dikeluarkan dari pekerjaan tersebut. Jangan sampai mimpi buruk itu terjadi, ya.

Nah, jika Anda ingin pekerjaan berjalan sukses ada baiknya menggunakan uang thr untuk membeli barang-barang yang menunjang kemudahan bekerja. Jangan khawatir jika Anda tidak mendapatkan thr karena masa kerja belum satu tahun, pasalnya thr diberikan untuk pekerja dengan minimal kerja satu bulan. Adapun cara hitung thr belum setahun yakni didasarkan pada rata-rata upah yang diterima selama masa kerja.

Jika Anda mendapatkan uang THR lebaran maka pergunakanlah dana tersebut dengan baik. Salah satunya yakni dengan membelikan laptop untuk menunjang pekerjaan. Kinerja baik dari Anda juga akan mempengaruhi upah atau gaji yang diterima. Namun, sebelum membeli laptop ada baiknya untuk mencari referensi terkait deretan brand laptop terbaik yang ada di pasaran. Jangan sampai sudah mengeluarkan banyak uang namun laptop yang dibeli tidak berfungsi dengan baik dan tidak sesuai kualifikasi yang dibutuhkan.

Setelah mengetahui brand laptop terbaik yang ada, maka pilihlah marketplace yang terpercaya untuk membelinya. Dari sekian banyak marketplace yang ada di Indonesia, Blibli menjadi salah satu marketplace terbaik dengan menyediakan berbagai kebutuhan yang lengkap, termasuk elektronik. Berbagai brand laptop terbaik bisa Anda dapatkan di Blibli.com. Tentunya dengan banyak pilihan dan penawaran yang menarik.

 

0 Response to "Ini 6 Langkah Mengatur Uang THR Agar Tidak Cepat Habis"

Post a Comment