Intip Perbedaan DSLR dan SLR yang Patut Anda Ketahui

 



Source : pexels.com




Untuk anda yang baru memulai berkecimpung di dunia fotografi, penting sekali untuk mengetahui Perbedaan DSLR dan SLR. Karena meskipun terlihat mirip, tapi keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. 



Sebelum membahas tentang perbedaan keduanya, kita akan mulai terlebih dahulu dengan mengenali penamaan dari kedua kamera yang banyak digunakan di Indonesia.



Kepanjangan DSLR dan SLR


DSLR adalah kepanjangan dari Digital Single Lens Reflex, yang secara teknologi memang lebih canggih dari kamera SLR.Sedangkan SLR adalah singkatan Single Lens Reflex.



Inilah Perbedaan DSLR dan SLR


Kemudian kita lanjutkan tentang Perbedaan DSLR dan SLR secara umum.



Fitur Pendukung


Perbedaan DSLR dan SLR yang pertama adalah tentang fitur-fitur yang mereka miliki. Untuk DSLR sendiri, didukung dengan teknologi preset scenes, resolusi hingga setting white and balance. Bahkan, ada kamera DSLR tertentu yang bisa anda gunakan untuk merekam video.



Banyaknya Tombol


Jumlah tombol pada kedua kamera ini sangat berbanding lurus dengan fitur pendukung yang mereka bawa. 



Secara fisik, kamera SLR memang memiliki jumlah tombol yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kamera DSLR. 



Hasil Gambar


Perbedaan DSLR dan SLR selanjutnya terkait dengan hasil jepretan gambar. Mengingat adanya perbedaan fitur, maka hasil gambar yang dihasilkan pun memiliki perbedaan.



Hasil gambar dari kamera SLR bisa anda cetak menggunakan roll film. Sedangkan untuk kamera DSLR, anda lebih membutuhkan mesin printer. Jika dilihat dari durasi cetak, maka mencetak dari DSLR jauh lebih cepat dibanding dengan SLR.



Cara Kerja


Jika anda lihat dari namanya, maka kamera SLR ini bekerja dengan sistem tunggal. Artinya, lensa-lensa yang digunakan ini hanya memiliki satu jalur saja. Dari cara kerjanya yang lebih sederhana, kamera SLR ini sangat cocok untuk fotografer pemula.



Kemudian kamera DSLR. Kamera ini menggunakan sistem cermin dan prisma untuk menangkap gambar. 



Kapasitas Penyimpanan


Perbedaan DSLR dan SLR yang penting selanjutnya adalah ruang penyimpanan. Mengingat kamera DSLR ini mengambil gambar dengan cara digital, maka penyimpanannya pun menggunakan kartu memori. 



Sedangkan pada kamera SLR, penyimpanan menggunakan film dan analog. Untuk mencetaknya, anda perlu dukungan beberapa perangkat juga.



Harga


Perbedaan yang terakhir adalah soal harga. Karena DSLR memiliki teknologi yang lebih canggih, maka harganya juga lebih mahal dari kamera SLR. Jadi untuk pemula, membeli kamera SLR tentu lebih ramah kantong.



Dari beberapa penjelasan di atas tentang Perbedaan DSLR dan SLR, memang DSLR lebih canggih jika dibandingkan dengan SLR. Itulah kenapa, harganya juga lebih tinggi. 



Untuk mendapatkan kamera DSLR, anda tentu harus membelinya di toko besar terpercaya untuk menghindari adanya produk palsu. Namun, kini ada Blibli yang memberikan produk-produk asli dengan jaminan kualitas yang pasti.



Kamera DSLR yang tersedia di Blibli memiliki banyak tipe dan rentang harga yang sangat bervariasi. Banyaknya promo hingga klaim gratis ongkir setiap harinya, tentu memudahkan anda saat bertransaksi. Sehingga anda sebagai pembeli memiliki kesempatan besar untuk berbelanja sesuai dengan kebutuhan.



Selain itu, ketika anda membeli kamera dslr di Blibli, ada fitur asuransi yang bisa digunakan. Lalu untuk memberikan rasa aman dan mendapatkan kepastian, ada layanan pelanggan yang bisa diakses selama 24 jam! 



Mengingat kamera ini bukanlah barang yang murah dan bisa diperlakukan sembarangan, maka pastikan anda membelinya di tempat atau pihak terpercaya. Selain memberikan kualitas, membeli produk asli juga termasuk langkah menghentikan kegiatan pembajakan. 



Sepertinya pembahasan tentang Perbedaan DSLR dan SLR cukup sampai di sini. Semoga anda mendapatkan jenis dan harga kamera sesuai dengan kebutuhan dan anggaran biaya. Selamat mengabadikan momen terbaik!





0 Response to "Intip Perbedaan DSLR dan SLR yang Patut Anda Ketahui"

Post a Comment