Dandim Pati Turut Berikan Sosialisasi Penurunan Angka Stunting


Sukolilo,KAAPnews.com

Kodim 0718/Pati menggelar kegiatan penyuluhan dalam rangka penurunan angka stunting di wilayah kabupaten Pati. Selasa,(30/05/2023).

Kegiatan penyuluhan yang digelar di balai desa Wegil kecamatan Sukolilo merupakan salah satu sasaran yang bersifat nonfisik, dimana program TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2023 sedang digulirkan di wilayah tersebut.

Dalam kegiatan penyuluhan yang dihadiri Dandim 0718/Pati Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P., M.I.P tersebut menghadirkan para orang tua anak stunting serta ibu hamil dengan tujuan memberikan pengetahuan serta pemahaman tentang stunting serta upaya untuk mengatasinya.

Dalam sambutannya, Dandim Pati menyampaikan bahwa Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu Panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak.

"Stunting juga menyebabkan tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibanding anak-anak seusianya. Tidak jarang masyarakat menganggap kondisi tersebut merupakan faktor genetika dan tidak ada hubungannya dengan masalah Kesehatan,"terang Dandim.

"Kalau kami pelajari, stunting bisa hilang dari Indonesia membutuhkan proses yang Panjang karena mulai awal dari calon bapak dan ibu, usia kandungan, sampai dengan lahir, anak usia 2 tahun, dan ini semua membutuhkan banyak keterlibatan dari berbagai pihak termasuk dinas Kesehatan dan dinas Sosial,"sebutnya.

"Sebagai orangtua jangan merasa sendiri, harus mau belajar. Dulu kita jarang mendengar kasus stunting, tapi karena kasus ini sekarang ada, makanya kita semua harus bekerja sama untuk penanganan dalam penurunan angka stunting,"Tandas Dandim.

Dalam kegiatan sosialissi, Kodim Pati juga menggandeng dari mitra kerja  yakni dari dinas Kesehatan kabupaten Pati dengan pemateri dari UPT Puskesmas kecamatan Sukolilo 2 dan PLKB kecamatan Sukolilo.

Menurut salah satu pemateri, upaya untuk penurunan stunting diantaranya adalah dengan memberikan tambahan asupan nutrisi yang berasal dari Spirulina.

Untuk diketahui bahwa Spirulina adalah tumbuhan mikroskopik yang tumbuh di air, kaya akan nutrisi, seperti protein, zat besi, kalsium, dan vitamin B kompleks yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak karena juga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti asam amino esensial, yang membantu memperbaiki sel-sel tubuh.

Akan tetapi, meski dapat mengobati stunting, mengkonsumsi spirulina juga harus diimbangi dengan pola makan yang sehat dan seimbang, serta aktivitas fisik yang cukup.(KN.Snpt)

0 Response to "Dandim Pati Turut Berikan Sosialisasi Penurunan Angka Stunting"

Post a Comment