Babinsa Koramil Tambakromo Monitoring Pengerukan Sampah Menumpuk Dibawah Jembatan Sungai Dukuh Gale

TAMBAKROMO,KAAPNEWS.COM


Danramil 20/Tambakromo Kodim 0718/Pati Kapten Cba M. Zuhri Antoro selalu mengingatkan agar para Babinsa tetap mewaspadai dan memonitor wilayah desa binaannya masing-masing,  mengingat intensitas curah hujan saat ini masih cukup tinggi yang dapat memicu terjadinya bencana banjir akibat luapan air sungai.


Seperti terlihat kali ini, Serda Jais Babinsa Tambahagung dan Bhabinkamtibmas Bripka Iwan Sugianto bersama Perangkat desa bersama-sama memantau dan mengarahkan operator alat berat dalam kegiatan pengerukan sampah yang menumpuk di kolong jembatan di Dukuh Gale, Desa Tambahagung Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati, Rabu (13/4/2022).

Dalam kesempatan tersebut Serda Jais menjelaskan, tumpukan material sampah ini yang menjadi faktor utama penyebab meluapnya air sungai Kedung Lumbung ke area persawahan hingga pemukiman warga. 


"Oleh karenanya, kami bersama Bhabinkamtibmas dan Perangkat desa sepakat untuk segera mengeruk dan mengangkat sampah dikolong jembatan dengan menggunakan alat berat Eksavator milik Dinas PU Kabupaten Pati," jelasnya.


Menurut Kades Tambahagung Suwono, kegiatan pembersihan sampah yang menumpuk di sekitar jembatan yang menghubungkan Dukuh Gale dan Sono ini, tidak hanya bertujuan untuk memperlancar aliran sungai, akan tetapi juga diharapkan dapat memberikan Edukasi dan meningkatkan kesadaran warga agar tidak membuang sampah ke sungai.


"Jika tumpukan sampah di kolong jembatan ini tidak dibersihkan, maka akan menyumbat aliran sungai yang berdampak meluapnya air sungai ke area persawahan di sekitarnya, untuk menjaga kondisi aliran sungai, harus pula dijaga agar tetap bersih dari material sampah. Saya berharap, agar warga sadar untuk tidak membuang sampah disekitar dan didalam sungai,"ujar Kades.(KN.Snpt)

0 Response to "Babinsa Koramil Tambakromo Monitoring Pengerukan Sampah Menumpuk Dibawah Jembatan Sungai Dukuh Gale"

Post a Comment