Kasdim Pati Hadiri Penanaman 50 Ribu Pohon Di KPH Tambakromo Desa Maitan


Tambakromo,KAAPnews.com

Kepala Staf  Kodim 0718/Pati Mayor Cba Maulana Muttaqin Fahmy mewakili Dandim hadir dalam kegiatan penanaman 50.000 pohon tanaman keras dan buah dalam rangka pencegahan banjir dan tanah longsor area KPH Tambakromo Blok Blekutuk Desa Maitan Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati, Sabtu (17/12/2022). 

Penanaman pohon ini merupakan rangkaian kegiatan jangka panjang untuk menghijaukan kembali pegunungan Kendeng dan mengalihkan kebiasaan masyarakat menanam jagung dan palawija, menjadi tanaman keras dan buah yang produktif.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pj Bupati Pati yang diwakili Asisten 2 Nasikun S.H., M.H, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati, Kepala KPH Pati, Kepala CDK Pati, Muspika Tambakromo  beserta undangan yang lain kurang lebih 100 orang.

Dalam sambutannya Kades Maitan Patmo Dwi Handayani menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon ini murni swadaya dari warga masyarakat Desa Maitan. Pasalnya, beberapa tahun belakangan ini diwilayah lereng pegunungan Kendeng selalu terjadi banjir akibat lahan hutan saat ini sudah berubah menjadi perkebunan jagung sehingga tidak dapat menahan air hujan.

"Kami mewakili warga masyarakat Desa Maitan berjanji akan merawat pohon yang telah kami tanam. Dalam kurun waktu 5 tahun mendatang lahan hutan yang ada di wilayah Desa Maitan akan berubah menjadi kebun aneka buah, "hutan subur petani makmur," ujar Kades.

Asisten 2 Setda Kabupaten Pati dalam sambutannya memberikan apresiasi serta mengucapkan banyak terimakasih kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Tani Makmur Desa Maitan yang telah memprakarsai kegiatan penanaman pohon sebagai tanggung jawab sosial terhadap kelestarian lingkungan yang saat ini sudah mulai rusak.

"Atas nama pemerintah, kami mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan dari semua pihak atas terlaksananya kegiatan penanaman pohon dalam rangka pelestarian lingkungan dan alam," ucapnya.

Disela kegiatan Kasdim 0718/Pati mengharapkan kegiatan penanaman pohon ini nantinya bermanfaat bagi banyak orang banyak. Tanaman buah yang sudah tertanam agar dirawat dengan baik serta kita dukung upaya pemerintah dalam kegiatan pelestarian alam dan lingkungan diwilayah pegunungan Kendeng.

"Semoga dengan kegiatan penanaman pohon ini diharapkan kedepannya tidak terjadi lagi banjir bandang di wilayah desa-desa yang berada di lereng pegunungan Kendeng," ucap Kasdim. (KN.Wn)

0 Response to "Kasdim Pati Hadiri Penanaman 50 Ribu Pohon Di KPH Tambakromo Desa Maitan"

Post a Comment