Pasiter Kodim Pati Memberikan Materi Pengenalan Tentang Saka Wira Kartika


Pati,KAAPnews.com

Perwira seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0718/Pati Kapten Cba Kistono bersama staf menerima kunjungan ambalan Pramuka SMA PGRI Pati.Senin,(18/12/2023).

Kegiatan Kunjungan dari Pramuka SMA PGRI Kabupaten Pati adalah dalam rangka pelantikan Bantara Laksana Ambalan Gudep 01.157/01.158 SMA PGRI Kabupaten Pati.

Dalam kegiatan tersebut Pasiter memberikan materi singkat serta pengenalan tentang satuan teritorial Kodim 0718/Pati dan juga memberi pengenalan tentang Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0718/Pati.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Saka Wira Kartika merupakah wadah kegiatan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam rangka meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.


Sedangkan matra darat diartikan sebagai segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan, maupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat, seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.


"Saka ini dibentuk sebagai salah satu upaya untuk membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,"kata Kapten Kistono.


"Tujuan dibentuknya Saka Wira Kartika adalah untuk memberi pendidikan di bidang matra darat bagi anggota Gerakan Pramuka melalui kegiatan nyata, produktif, dan berguna bagi dirinya dan masyarakat sesuai dengan kondisi wilayahnya masing-masing,"sambungnya.


Ia menambahkan tentang pengertian Krida yang merupakan satuan kecil bagian dari Saka sebagai wadah kegiatan keterampilan tertentu, dan juga bagian dari kegiatan dan beranggotakan maksimal 10 (sepuluh) orang.


"Saka Wira Kartika mempunyai lima Krida, yaitu krida Navigasi Darat, krida Pioneering, krida Mountaineering, krida Survival dan krida Penanggulangan Bencana,"tutup Pasiter.(KN.Snpt)

0 Response to "Pasiter Kodim Pati Memberikan Materi Pengenalan Tentang Saka Wira Kartika"

Post a Comment