Bupati Pati Minta Semua Sumberdaya Dimaksimalkan untuk Tuntaskan Perbaikan Rumah Korban Banjir Bandang


Bupati Pati Minta Semua Sumberdaya Dimaksimalkan untuk Tuntaskan Perbaikan Rumah Korban Banjir Bandang



KAAPNEWS.COM, PATI 


Dengan didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Pati, Pujo Winarno, Bupati Pati Haryanto, Rabu, 10 Agustus 2022 memimpin rapat koordinasi penyerahan bantuan korban banjir bandang Margoyoso, di Ruang Joyokusumo. 


Turut hadir pula dalam rapat tersebut antara lain Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Pati, BPKAD, Dinsos, Camat Margoyoso, Kepala Desa Tunjungrejo dan Desa Bulumanis Kidul, serta perwakilan korban banjir bandang dari kedua desa tersebut.


Dalam pidatonya, Bupati mengatakan bahwa rapat ini digelar untuk mematangkan teknis penyaluran bantuan bagi korban banjir bandang.


Setelah penanganan tanggul dan pembersihan material lumpur selesai dilaksanakan, lanjut Haryanto, maka hari ini pembangunan rumah sudah mulai dapat dilaksanakan. 


"Setelah tanggul ditangani, hari ini mulai dibangun rumah yang kemarin hanyut maupun yang rusak berat ataupun yang hanya rusak ringan. Dalam hal ini pemerintah sudah hadir, karena apa ? Karena saat perbaikan tanggul yang berwenang dan menguasai teknisnya adalah dari Balai, dan Pemkab sejak awal telah menyiapkan bantuan untuk pembangunan rumah, serta kami pun menggerakkan semua elemen masyarakat agar gotong-royong menggalang dana maupun tenaga untuk membantu korban", terangnya. 


Lebih lanjut Haryanto pun menguraikan bahwa Pemkab telah membantu korban banjir bandang sejumlah Rp 205 juta, sedangkan dari Baznas Kabupaten, menyerahkan bantuan senilai Rp 322,5 juta untuk rumah rusak ringan dan rusak berat di kedua desa tersebut.


"Bantuan ini akan dikelola oleh panitia, bukan dikelola oleh masing-masing (penerima-red)", tegasnya. 


Selain bantuan diatas, Haryanto juga menyebut jika nantinya juga akan ada lagi bantuan dari Pemerintah Provinsi serta bantuan yang digerakkan lewat ASN. 


Karena bencana alam tersebut tidak diduga dan tentunya tidak ada yang mau mengalami, Bupati pun berharap  partisipasi serta dukungan dari seluruh pihak untuk turut membantu meringankan korban.


"Ya kami mohon partisipasinya, untuk membantu ya material, mungkin berupa logistik keuangan, biar perbaikan 17 rumah yang ada di Bulumanis Kidul dan 20 rumah di Tunjungrejo bisa terselesaikan dengan baik", ujar Haryanto. 


Untuk bantuan yang datangnya dari Baznas, Bupati Haryanto menegaskan bila Rabu pagi (10/8) sudah bisa disalurkan.


"Nanti disusul dari Pemda juga. Lewat rekening masing-masing, namun masuk setelah rekening, nanti agar tepat sasaran, tepat guna, nanti ditangani oleh panitia yang sudah terbentuk", tandas Haryanto.


Mengingat pembangunan rumahnya tidak hanya satu, nantinya Bupati meminta agar satu dengan yang lainya dapat termanfaatkan dengan baik, melalui kepala desa yang menjadi penanggung jawab di wilayah desa tersebut.


(KP /prk/hms). 

0 Response to "Bupati Pati Minta Semua Sumberdaya Dimaksimalkan untuk Tuntaskan Perbaikan Rumah Korban Banjir Bandang"

Post a Comment